Posted by : Unknown Sunday, April 27, 2014





Kabupaten Lumajang adalah suatu wilayah yang kaya akan benda-benda peninggalan purbakala seperti situs maupun artefak baik berupa senjata, alat-alat rumah tangga sampai pada prasasti.  Perlu diketahui bahwa prasasti adalah suatu peninggalan berusa tulisan baik dari bahan logam maupun batu yang sangat penting sehingga wilayah tersebut memasuki masa sejarah.
Kabupaten Lumajang sendiri mempunyai beberapa prasasti seperti Prasasti Ranu Kumbolo, Prasasti Tesirejo  dan Prasasti Pasru Jambe. Dari ketiga prasasti tersebut Prasasti Pasru Jambe adalah sebuah prasasti yang lengkap isinya baik berupa angka tahunnya yaitu 1459 Masehi maupun uraian isi dan ceritanya yaitu tentang kehidupan para brahmana di lereng timur gunung Semeru. Demikian juga menurut jumlahnya, ternyata prasasti Pasru Jambe ini adalah prasasti yang sangat monumental karena jumlahnya yang sangat banyak yaitu 20 buah.
Pada tahun 1986, keberadaan prasasti Pasru Jambe ini masih berada di tempatnya yang asli yaitu di tempat bernama sumber rawa, Dusun Munggir, Desa Pasru Jambe, Kecamatan Senduro (Sekarang Kecamatan Pasru Jambe), Kabupaten Lumajang. Keberadaan Prasasti Pasru Jambe ini kemudian diperkuat dengan data Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslit Arkenas) tahun 1990 dimana beberapa ada di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang (sekarang Dinas Pendidikan) dan Kantor Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Senduro (sekarang UPT Pendidikan Kecamatan Senduro). Anehnya, sekarang ini prasasti Pasru Jambe ternyata raib dan dinyatakan tidak ada di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang.
Untuk menelusuri keberadaannya, Mansur Hidayat mewawancari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang Drs. Winhatno. Wawancara dilakukan lewat sms karena Kepala Dinas Pendidikan belum bisa ditemui karena kesibukannya. Berikut wawancaranya:
Situsbiting.com: Assalamualaikum pak, saya mendengar ada Prasasti Pasru Jambe yang disimpan di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Senduro. Apa benar pak?
Masalah Prasasti?. Maaf ya, anda dapat informasi disimpan di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang dari siapa?. Ya langsung hubungi aja untuk minta klarifikasi. Saya kurang mengetahui tentang hal itu?.
Situsbiting.com: Kita mendapatkan informasi dari Berita Arkeologi tahun 1986 dimana Pak Sukarto M. Atmodjo sebagai penulisnya. Demikian juga dalam laporan penelitian Pusat Penelitian Arkeologi Nasional tahun 1990, prasasti Pasru Jambe ini dilaporkan keberadaannya, makanya saya ingin cross check data?
Winhatno: Saya masuk menjadi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang tahun 2008. Jadi saya tidak bisa menjawabnya dan perlu dicari dulu yang menangani. (sur/red)




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

- Supported © By TOA and Suryadin Laoddang Powered by Pembicara Internet Marketing and Jual Mukena -