Posted by : Unknown Sunday, April 27, 2014




Keberadaan Prasasti Pasru Jambe yang berjumlah 20 buah seperti yang dikemukakan oleh Sukarto M. Atmojo dalam Berkala Arkeologi No. VII/ Maret Tahun 1986, sungguh merupakan sesuatu yang berharga bagi sumber dan data sejarah Indonesia yang berasal dari Kabupaten Lumajang. Perlu diketahui bahwa Prasasti yang berangka tahun 1459 Masehi ini merupakan sebuah prasasti yang berbahasa Jawa kuno dengan dialeg pinggiran (bukan kraton) khas Semeru selatan.
Dalam keterangan Sukarto M. Atmojo disebutkan bahwa ada 3 buah Prasasti Pasru Jambe yang kemudian disimpan di Laboratorium Fakultas Sastra Universitas Negeri Jember, di Museum Mpu Tantular Surabaya, di kantor Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Senduro, kantor Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang maupun di rumah Bapak Suroso, seorang guru SD di desa Kandangan Kecamatan Senduro. Dalam penelusuran tim situsbiting.com, ternyata prasasti Pasru Jambe tersebut tidak terdata dengan baik dan banyak yang dikatakan raib atau hilang tak tentu rimbanya.
Oleh karena itu redaksi situsbiting.com menurunkan cerita penulusuran dan keberadaan prasasti Pasru Jambe ini mulai dari wawancara dengan Dekan Fakalutas Sastra Universitas Negeri Jember, Dr. Khairus Salihin, Ketua Jurusan Sejarah Faksas Universitas Jember, Kepala Seksi Koleksi Museum Mpu Tantular Bapak Kuncoro, Kepala BPCB Jawa Timur Aris Soviyani, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang Drs. Winhatno maupun Bapak Suroso.
Dengan wawancara ini diharapkan keberadaan Prasasti Pasru Jambe tersebut dapat diidentifikasi sehingga membuka wawasan kita bersama bahwasanya banyak benda-benda purbakala yang tidak ternilai harganya tersebut lenyap dan raib karena kurangnya perhatian dan salah urus dalam penyimpanannya baik itu secara fisik maupun administrasi. Hal seperti ini sudah jamak dalam bidang kepurbakalaan kita sehingga berakibat hilangnya benda-benda yang tidak ternilai yang menjadi bukti peradaban kita.
Prasasti Pasru Jambe adalah prasasti yang cukup monumental bagi sejarah Indonesia dimana terdapat 20 buah prasasti di satu tempat. Bagi Kabupaten Lumajang sendiri, prasasti Pasru Jambe adalah suatu prasasti yang sangat penting dimana prasasti ini adalah prasasti yang sangat lengkap baik isinya ataupun angka tahunnya. Perlu diketahui 2 prasasti sebelumnya di Kabupaten Lumajang adalah Prasasti Ranu Kumbolo yang tidak berangka tahun dan Prasasti Tesirejo yang berisi angka tahun namun tidak memuat uraian apapun. Akhirnya, sudah menjadi hak bagi publik untuk mengetahui keberadaan prasasti Pasru Jambe tersebut. (red)


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

- Supported © By TOA and Suryadin Laoddang Powered by Pembicara Internet Marketing and Jual Mukena -