Posted by : Unknown Sunday, April 27, 2014





Keberadaan Prasasti Pasrujambe saat ini masih belum jelas, menurut data Laporan Survei Arkeologi  Kabupaten Lumajang Tahun 1990 oleh Puslit Arkenas disebutkan bahwa ada sekitar 6 (enam) prasasti yang di halaman rumah Suroso (60) warga Desa Senduro, Kecamatan Senduro. Berdasarkan penelurusan dari Tim Situsbiting.com keenam prasasti tersebut sudah tidak lagi berada dirumah Suroso.
“Waktu banyak sekali sebaran batu tulis di Dusun Munggir, saya berinisiatif untuk menyelamatkan makanya saya ambil di bawa kerumah.”papar Suroso kepada Tim Situsbiting.com Sabtu (27/03/2014).
Suroso mengatakan bahwa dia mengambil 6 buah prasasti dari tempatnya,”Waktu itu Dinas P dan K Senduro juga mengambil dua buah prasasti dari Dusun Munggir dan disimpan di Dinas P dan K Senduro”ujar Suroso ketika ditemui di kediamannya.
Akan tetapi keberadaan prasasti Pasrujambe di halaman rumah Suroso tidaklah lama, menurut penuturan Suroso dirinya diberi tahu oleh staf Dinas P dan K Senduro bahwa prasasti Pasrujambe yang dia simpan akan diambil oleh pihak Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala (SPSP), saat ini namanya menjadi BPCB Jawa Timur.
“Kejadian itu pada tahun 1993, enam buah prasasti dirumah saya diambil oleh pegawai SPSP Trowulan dengan didampingi oleh staf dari Dinas P dan K Senduro serta Dinas P dan K Kabupaten Lumajang.”jlentreh Suroso.
Suroso menambahkan bahwa saat ini keberadaan prasasti yang tidak pernah mengetahui lagi keberadan prasasti yang pernah dia bawa dan dia rawat.
Sementara itu menurut Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur Aris Soviyani, ketika dihubungi via telepon menjelaskan bahwa prasasti Pasrujambe saat ini tidak ada di Trowulan.” Setahu saya saat ini tidak ada prasasti Pasrujambe di BPCB. Waktu namanya kan masih SPSP dan saya tidak tahu dengan pasti.”papar Aris Soviyani.
Aris berjanji akan mencari keberadaan prasasti Pasrujambe yang dikabarkan berada di kantornya (lut/soer).

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

- Supported © By TOA and Suryadin Laoddang Powered by Pembicara Internet Marketing and Jual Mukena -