Posted by : Unknown Saturday, March 1, 2014

Lumajang, Memasuki hari ketiga  penggalian di Kawasan Situs Biting, Tim Balai Arkeologi Yogjakarta telah berhasil menemukan struktur dinding benteng di kawasan Situs Biting. Lokasi struktur yang tak jauh dari Pengungakan (Bastion) ditemukan pada kedalaman 50 centimeter. Tampak batubata merah dengan ukuran yang cukup lebar tersusun rapi.

“Ketebalan dari tembok benteng ini masih kita cari, dengan meluaskan kotak galian. Kita masih mencari sejauh mana batas dinding benteng ini. Karena yang disebelah utara itu merupakan reruntuhannya saja.”papar Gunadi Kasnowihardjo salah seorang tim Balai Arkeologi Yogjakarta kepada Pedomannusantara.com Jum’at (20/09/2013).

Upaya penggalian untuk mencari dinding benteng masih akan diteruskan, sesuai dengan rencana tim Balai Arkeologi Yogjakarta. Tim ekskavasi akan membuka satu kotak galian lagi,”Esok kami akan melanjutkan pencarian batas dan ketebalan dari dinding benteng ini.”papar Gunadi.

Menurut Gunadi usai penggalian, dinding benteng tidak akan ditutup dengan tanah lagi melainkan akan tetap di buka.”Biasanya usai penggalian kami selalu menutup kotak yang kami gali, akan tetapi khusus di Biting ini kami tidak menutupnya kembali sehingga masyarakat bisa melihat pontesi sumber daya arkeologi di kawasan Situs Biting.”jlentreh Gunadi.

“Kami sementara hanya membuka satu garis vertical ini, jika nanti masyarakat Lumajang menginginkan lebih luas akan melebarkan lagi. Dan diagendakan tiap tahun.”pungkas Gunadi.(lut/red).

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

- Supported © By TOA and Suryadin Laoddang Powered by Pembicara Internet Marketing and Jual Mukena -