Posted by : Unknown Saturday, March 1, 2014

Lumajang, Para aktivis dari seluruh elemen masyarakat yang peduli terhadap peninggalan Sejarah dan Kebudayaan di Lumajang, hari ini Jumat (14/06/2013) melakukan Aksi Solidaritas dalam rangka memperingati 100 tahun Hari Purbakala Nasional di depan Tugu Adipura Lumajang. Aksi Solidaritas ini dilakukan atas dasar keprihatinan terhadap aksi  pengrusakan yang terjadi di Situs Biting.
Situs Biting yang merupakan benteng terbesar di Indonesia kini telah dihancurkan dengan menggunakan bulldozer oleh para pebisnis Perumahan Biting. Kini sisa-sisa peninggalan Kerajaan Majapahit ini berusaha dilestarikan oleh para masyarakat yang peduli terhadap peninggalan Sejarah dan Kebudayaan yang ada di Lumajang khususnya Situs Biting, salah satunya dengan cara mengadakan Aksi Solidaritas Untuk Situs Biting.
Dalam aksinya para aktivis membagikan bunga dan selebaran yang berisi pesan moral kepada setiap pengguna jalan di perempatan Adipura yang kemudian dilanjutkan dengan aksi Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Lumajang.
“Perayaan hari purbakala menjadi moment yang sangat spesial untuk merayakan dan memperjuangkan  bagaimana kita melestarikan dan bagaimana kita mensolidaritaskan wujud keprihatinan kita dengan melihat situs-situs  yang ada seperti di biting yang mengalami kehancuran, sehingga momen hari ini khususnya kita turun ke jalan dengan mlakukan aksi pembagian pamvlet yang berisikan seruan moral bagaimana untuk menjaga dan menyelamatkan Situs Biting.” Papar Rina Rahmawati salah satu aktivis kepada pedomannusantara.com
Selain aksi bagi-bagi bunga dan selebaran serta aksi tabur bunga di TMP, wujud keprihatinan yang lain yakni akan melakukan aksi “100 Ribu Tanda Tangan Untuk Situs Biting” di berbagai kota. “Tindakan selanjutnya kita akan menggalang 100 ribu tanda tangan yang akan dilakukan di berbagai kota seperti Lumajang, Jember, Surabaya, Jogja serta wilayah lainnya.” Lanjut Rina. (san/red).
 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

- Supported © By TOA and Suryadin Laoddang Powered by Pembicara Internet Marketing and Jual Mukena -